Minggu, 19 Januari 2014

Cerpen : Pelangi Indah Untuk Dinda



Seuntai kata cinta akan terucap manis apabila kita mampu dan memiliki keberanian tuk ungkap itu semua. Dan sebuah penyesalan kalo kita tak pernah bisa lakukan itu.
                “ Heyy… Din..! asyik banget baca novelnya ! ampe lupa ama sekitar. Ckckck. Novel apaan sih? “ dengan sigap Rara merebut novel yang sedang kubaca. “ ihh..Rara apa-apaan sih, aku lagi baca tauk!!!! kan lagi seru.. ” sahutku dengan tampang memelas meminta novel itu. “ hahaha..iyaiya, neh! Ga usah cemberut gitu dong ! tu..tu.. jeleknya jadi nambah kelihatan. Hihihi “ ledeknya. “ humhh, abisnya ga bisa liat orang seneng sih! “ ucapku ketus dan mengambil kembali novelku. “eh bentar deh.. itu novel yang kamu bilang dikasi Kevin ya?? “ tebak Rara, sambil cengar-cengir ga jelas. “ iya.. novel yang udah lama pengen banget aku punya, tapi karena ga ada duit jadi kutunda dehh. Ga tau kenapa si Kevin bisa tau and then beliin ni novel buat aku. Pake acara ngasi bunga mawar segala lagi!! “ jawabku dengan pipi seketika merah merona ketika Rara berhasil  membuatku tersipu malu. “ tu kan Din.. udah ku bilang Kevin tu suka ama kamu… yeee.. kamunya aja yang ngeyel kalo ku kasi tau..! “ ujar Rara meyakinkan. “ hufft.. udah deh ga usah bahas itu! Emmm.. kantin yukk.. aku traktir dehh.. “ bujukku. “ wahh.. bener  ya? “ Rara masih tak percaya. “ iya.. kalo udah urusan makan aja, nomer satu dah ! Rara.. Rara.. “ aku membalas ledekannya barusan.
                Upppssttt… ada yang lupa !. aku Dinda murid SMA Tunas Bangsa. Emmm.. ga ada yang special dari aku, just info aja sih. Aku anak tunggal, tiap hari orang tuaku pulang pergi ke luar kota, sampe ga perna ada waktu buat aku meski hanya untuk makan malam atau ngerayain ulang tahun aku. Di sekolah aku terkenal jail bahkan super –super jail dan ceria. Tapi, seketika kejailanku hilang saat aku baca novel. Entah kenapa kalo aku udah baca novel, aku serius banget, ga bisa diganggu sama sekali. Tapi,dibalik itu semua sesungguhnya aku kesepian. Hanya ada Rara, sahabatku dari SD dan ga tau kenapa kita bisa satu sekolah terus. Mungkin Tuhan kirim Rara untuk selalu ada menghiburku, Rara-lah yang bisa buat aku tersenyum. Dia orangnya sok tau dan ngefans banget sama Michael Jackson. Walaupun sesungguhnya aku memang lebih fanatic sama The King of Pop yang satu ini. Hehe.. hobiku baca novel, tau gag?? Uda hampir seratus novel yang ku baca !!. sedangkan Rara ? hummhhh.. dia mah ga suka baca !. ditawarin buku apapun, dijamin ga bakal dia baca, kecuali artikel MJ.
                “ ehh.. Din! Bengong aja, aku pesen semangkuk bakso yak? “ ucap Rara memecahkan keheningan saat itu. “ hha? Apa-apa? Engg… iya deh mo sepuluh mangkuk juga boleh kok ! “ sahutku singkat sambil tersenyum kecil terhanyut oleh cerita novelku lalu kulanjutkan membaca novel pemberian Kevin, judulnya ‘ first love’ . “ Din.. Dinda ? “ Rara memanggilku seperti ingin memberitahukan sesuatu hal yang tak pernah kuketahui sebelumnya. “ hemmbb.. apa?  “ sahutku dengan tetap memandangi novel di hadapanku lekat-lekat . “ kamu tahu Doni kan ? itu lho anak XI IPA 3“ tanya Rara sambil menyantap baksonya, nampaknya Rara memang kelaparan, baru kali ini aku melihatnya kelaparan seperti itu, hihihi seperti orang yang sudah 5 hari terdampar di Pulau tak berpenghuni ,sepi, dan tanpa ada yang bisa disantap. “ emm, ya.. emang kenapa ? “jawabku singkat.    ihh.. kamu gimana sihh! Dia kan cowok terpopuler seantero sekolah kita “ jelas Rara. “ hufft… infonya rada lebay dehh “ fikirku. “ udah makannya? Cabut yuk ? uda mau masuk kelas nehh.. “ ajakku.
Sambil merapikan buku, setelah itu aku dan Rara beranjak meninggalkan kantin sekolah.
                Dengan pandangan kosong, aku melalui koridor sekolah dan mulai menaiki satu demi satu anak tangga, sambil memikirkan kembali ucapan Rara tadi di kantin. Siapa? Siapa tadi? Doni ? emang iya? Dia terkenal ? kok aku ga pernah tahu tuh!
Tiba-tiba ..
                “ bruukkk.. “ semua buku di tangan ku terjatuh. “ aduh.. maaf ga sengaja..” sahut orang yang menabrakku. “ ha? Gak apa, ini aku kok yang salah, aku daritadi melamun. Jadi ga liat jalan deh.. “ ucapku sambil mecoba berdiri dan mulai meluruskan pandangan ku ke arah lelaki yg menabrak ku, aku terdiam tak menyadari bahwa mataku seketika menatap matanya.  Dan kalian tau apa yang terjadi? Dalam hitungan detik diantara kami berdua terdapat letupan yang berasal dari reaksi-reaksi kimia dadakan. Reaksi itu mampu membuat hatiku berdebar sekencang-kencangnya, sekeras mungkin melebihi dentuman bom atom. Aku harap dia ga mendengar debar jantungku yang seakan ingin meledak saat itu juga. God.. sepertinya aku jatuh dalam medan cinta yang tak pernah kulalui sebelumnya. “Hey..kamu ga pa pa kan??”tanyanya sambil melambaikan tangannya dihadapanku yang langsung membuat ku tersadar setelah sekian menit terpesona olehnya. “ha??kenapa?? engg.. enggak-enggak aman kok! Ga ada yang lecet. Hehe” sahutku agak terbata-bata karna pertanyaannya yang sedikit mengagetkanku. “ya udah. Aku duluan ya?”cowok itu pergi dengan menggoreskan senyum manis nya di hatiku. “ha?? Iya-iya. Aku juga buru-buru neh!!” Aku masih memandangi langkah kepergiannya. Tubuhnya yang tinggi tegap, rambut dengan kerah baju yang diterpa angin, sorot matanya yang indah, senyum dari bibir mungilnya, serta suaranya yang khas dengan kata-kata lembut terucap. Semuanya !! semuanya perfect banget!! FIX aku jatuh cinta ! Ini dia.. kisah cinta yang masih dalam balutan misteri. Aduh kenapa ni?? kok serasa hati aku ada taman bunganya gitu ya??? Apa karena aku lagi berbunga-bunga, sampai bunganya pada bermekaran gitu.. hihihi..ada-ada aja. Tiba-tiba salting plus alay gak jelas gini.  Aku bergumam tanpa menyadari siswa yang tengah lewat dihadapanku mengganggap ku kesambet setan penunggu sekolah. Aduh aku jadi malu.
                “dindaaaaaaaaaaaaa…….!!” Terdengar suara lantang dari arah kelas memanggil ku. Tak salah lagi itu pasti Rara. “Ceeepeetaaannn!! Guru biologi super killer itu uda mau masuk kelas tauk! Entar kamu di hukum lari keliling lapangan basket ato malah di suruh berdiri di depan kelas sambil ngangkat satu kaki en jewer telinga sendiri. Kamu mau kaya geng nya nadia ??? kan serem“ ajak rara . haduuhh.. aku sampe lupa sekarang pelajaran guru biologi tergalak (kata kakak kelas sih. Hehe) tapi, emang galak banget sih. Bayangin aja!! Geng nya nadia pada dihukum bersihin WC selama seminggu gara-gara ga merhatiin dia nerangin pelajaran. Iiiiii…. Ga ngebayangin deh. Bersihin WC yang super-super bauk di sekolah!! Banyak kecoak, lintah,… “aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………”dengan langkah cepat aku berlari menuju ruang kelasku. Ku harap aku belum terlambat.
                “Din.. ada apaan sih tadi ??”rara mencuri-curi waktu untuk menanyakan hal tadi saat Bu Tia sedang asyik menulis di papan. “maksud??” tanyaku balik seolah-olah tak mengerti maksud dari pertanyaan rara. “itu tadi. Perasaan kamu tadi ngobrol ama ka doni deh???” rara mencoba untuk memflashback kembali ingatanku. “ha?? Doni?? Ooo.. jadi cowok tadi itu doni!! Doni anak XI ipa 3 yang kamu certain tadi di kantin??” aku mengorek-ngorek cerita rara di kantin. “ enggak !! ya iyalah. Secara yang namanya doni di kelas XI ipa ya cuma dia doang kali!! Gimana sih??” jawab rara ketus. “yah sorry.. tadi aku ga begitu ngeh pas kamu cerita! Gini lo.. tadi dia nabrak aku , trus ngebantuin aku ngerapiin ni buku” jelasku. “oooo… “rara sepertinya paham tentang kejadianku barusan. “ra..” aku melirik ke arahnya. Aku harap rara ga ketawa saat mendengar ide konyol ku ini. “emm.. apaan??” rara tetap mencatat apa yang ditulis Bu Tia di papan. “mau bantuin aku gak ??”pintaku. “bantu apa dulu ni?? emm ada komisinya kan??”seru rara. “hush dasar!! Iya deh kalo rencana ku berhasil , kamu aku traktir 2 bulan penuh” aku meyakinkan rara sambil memasang tampang memelas ku. “janji ya?? Emang ngapain?” Tanya rara nampaknya ia tertarik dengan ideku kali ini. ‘bantuin aku supaya bisa jadian am ka doni yah??” aku agak ragu sebenernya, tapi apa boleh buat ini tuntutan hati aku. “ha? Gila kamu din! Ga ah!! Emang ga ada yang lain ya??” ledek rara.  “humh.. please, please ??” pintaku sekali lagi. “ iya deh.. aku bantu. Besok aku coba tanya kaka aku yang sekelas am doni buat nanyain berapa nomornya.” Jelas rara. “hah.. bener ni?? Ooouuhh kamu emang sahabat aku yang paling baek sedunia ra!! Makasi ya my sweety! Mmmuuuuaaaccchhh…….” Aku memberikan kiss ku tepat di jidat rara. “ish.. ga perlu cium jidat aku segala!! Entar cowo-cowo yang ngeliat pada nyangka yang enggak-enggak !! kan ga lucu dinda sayang!!” rara menghapus bekas bibir ku di jidatnya. “hehe.. maaf “
                Satu hari..dua hari.. tiga hari.. sampe seminggu ga ada kabar terbaru dari rara. Sampe suatu saat rara mengajak ku untuk ketemuan di rumahnya. “nih,, uda aku tepatin kan??” rara menyodorkan ku sebuah rangkaian nomor. “wahh.. hebat kamu ra!! Gimana caranya kamu bisa dapet nope ka doni?” aku penasaran banget, ku tanya langsung rara bagaimana dia mendapatkannya. Karena, dia pernah bilang kakaknya juga suka sama ka doni dan ga mungkin dia ngasi nope ka doni ke saingannya. Itu mah mustahil. “huh.. aku nyolong hape ka nia pas dia lagi ke wc, ya udah ku catet aja langsung ntar keburu dia nongol duluan lagi! Untungnya kagak ketauan, kalo ketahuan bisa digantung di pohon cabe aku. Dan kamu gak akan punya sahabat secantik dan sebaek aku lagi deehh.. “ jawab rara rada sinis. “hihhihii.. kamu ni ada-ada aja. Btw thanks yaw! Yaudah ku balik ya! Ntar di cari-in mama ku lagi! Dadah my sweety!” aku beranjak dan pergi meninggalkan rara.
 Hari berganti hari, minggu berganti minggu dan bulan berganti bulan. Gak nyangka PDKT ku bisa dikatakan berhasil. Aku tinggal nunggu kak doni nembak aku. Upsstt kebalik. Hehe.. gini deh saking ngarepnya. Gumamku.
                Pukul 18.00 aku mengambil HP-ku yang tergeletak di atas meja dan mengirim sepenggal sms buat ka doni. Kak aku tunggu di taman ya. (sent message).
Akhirnya sebentar lagi. Tapi, kenapa jantungku berdebar semakin kencang?? Humh ga sabar neh. Eh ka doni mana ya?? Uda hampir sejam aku nunggu. Emm bentar lagi kali ya? Mungkin di jalan macet. Menit-menit berlalu kian cepat, tapi doni belum juga nongol. Apa aku samperin ke rumahnya aja? Maybe dia lagi sibuk jadi ga sempet datang. Fikirku.
                ‘kak Do…..” belum usai ku panggil namanya di depan pagar, air mataku menetes, jatuh membasahi pipi sebelum jatuh menyusup ke dalam bajuku. Harapan ku sirnah, mimpi-mimpiku untuk bisa memilikinya lenyap. Bodoh banget sih aku ?? kok bisa-bisanya aku gak tau kalo dia udah punya cewek!! Terlalu sakit hatiku untuk berdiri di hadapan mereka hanya untuk meratapi nasib cintaku. Kak doni memeluk cewek itu erat, seperti tak ingin tuk kehilangannya. Saat itu juga kuputuskan untuk menjauh dari kak doni. Di rumah semua barang darinya aku simpan dalam kotak yang akan ku letakkan di gudang. Karena aku ga perlu lagi memori tentangnya!
                Malam itu, hapeku bergetar ternyata ada sms dari ka doni. Din.. maaf tadi aku lagi ada tamu. Emm bisa ga besok ketemuan di taman?? Ada hal yang pengen aku omongin ke kamu! Sebutir air mataku menetes lagi. Tak kuhiraukan sms itu, hp ku silent dan aku pergi tidur. Paginya tanpa kusadari ada 20 panggilan tak terjawab dari doni dan 10 sms yang sama darinya. Sepertinya doni khawatir padaku, setelah semalaman aku tak membalas sms ataupun mengangkat telfonnya. Di sekolah akupun menjauhinya. Ga heran juga dia selalu ingin tau keadaan ku melalui rara. Tiap detik rara selalu bertanya, ada apa dengan aku dan kak doni?. Tapi aku hanya diam. Tak ada sepatah kata yang terucap. din.. aku ga tau apa yang terjadi ama kamu belakangan ini sampe kamu harus ngejauhin aku . Aku minta kamu dateng sore ini jam 5 di taman biasa. Penting ! ini menyangkut perasaan ku. Setidaknya itulah isi sms dari doni. Iya kalo sempet (sent message) . Aku dengan singkat membalas sms dari doni.
                Sore itu lalu kuputuskan untuk datang, akan kutanya  kebenarannya, aku ga bisa lama-lama diemin dia. Aku kangen sama dia. Walaupun nanti aku akan sakit denger kenyataan yang sebenarnya. Di taman. Tak tampak sosoknya. Hanya ada kursi tempat kami sering mnghabiskan waktu sepulang sekolah. Aku duduk, menahan daguku dan menangis. “kamu ga pantes nangis cuma gara-gara aku din.” ujar doni sambil menyodorkan tangannya untuk menampung tiap butir air mataku. “din.. dari pertama kita ketemu, aku suka sama kamu. Kamu itu yang paling indah dihati aku sampe kapanpun. Kamu itu pelangi buat aku din. Kalo Tuhan ijinkan, aku pengen  banget memiliki pelangi itu sampe aku mati!” ujarnya. Apa-apaan nih???? Aku masih ga ngerti !?? dia nembak aku? Terus cewek yang kemaren gimana? Aku ga mungkin jadi orang ketiga di antara mereka!! desah ku dalam hati. “tapi.. cewek itu gimana don??” tanyaku. “ cewek?? Yang mana??” doni bingung. “itu yang kemaren dirumah mu?” aku mengingatkan doni. “ohh.. itu ! itu kakak aku yang baru pulang dari Amrik, emang kenapa??” doni malah balik melontarkan pertanyaan padaku.  Astaga.. mestinya aku bisa lebih percaya ama dia!! “jadi gimana din??” doni kembali bertanya keputusanku. “humh,,.. ga bisa kak!”ucapku. “jadi?? Kamu nolak aku?”doni nampaknya begitu kecewa mendengar keputusanku. “aku ga bisa! Aku ga bisa buat ngelepasin kakak ! Aku juga sayang sama kakak”ucapku sambil tersenyum padanya. “berarti..???” belum usai kata-katanya, ia langsung mendekapku dengan erat, dengan penuh rasa cinta. Tuhan.. apa ini mimpi?? Kalo ini mimpi jangan biarkan aku bangun dari mimpi ini. Hentikan waktu saat ini juga, agar aku bisa merasakan indahnya moment ini dan jangan sekali-kali biarkan aku tuk menyakiti hatinya. Dialah yang aku miliki saat ini, kebahagiaan yang munkin tanpa kusadari akan lepas. Namun, kan kupegang ia erat karena ia terlalu berharga untuk kulepaskan.


Created by
Komang Swandari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar